Pakaian adalah kebutuhan pokok selain makanan dan tempat tinggal. Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin maju dan berpengaruh besar pada perkembangan mode atau fashion saat ini, dan memenuhi keinginan masyarakat akan mode yang selalu berubah-ubah dan juga karena masyarakat yang cenderung konsumtif terhadap mode. karena permintaan pasar cukup tinggi maka saya ingin membuka usaha toko baju. Saya akan membuka sebuah toko baju khusus untuk para remaja. Saya juga akan memasarkan baju lewat media sosial sehingga pemasaran lebih luas. Disini para konsumen dapat menemukan model-model terbaru,dan saya akan mendesain sendiri pakaian yang diproduksi.
Saya juga menawarkan barang dengan harga yang relatif murah tetapi memiliki kualitas yang tidak murahan yang dapat dijangkau oleh kalangan remaja dan kalangan kelas menengah. Sehingga itu dapat menjadi daya tarik bagi konsumen.
Perencanaan Modal:
- Sewa Tempat Rp 20.000.000
- Baju Rp 7.000.000
- Etalase Rp 5.000.000
- Lain-lain Rp 1.000.000
- Total Rp 33.000.000
Pangsa pasar untuk usaha penjualan pakaian terbuka luas mengingat ini adalah salah satu dari kebutuhan pokok manusia. Namun kita juga harus memahami bahwa pesaing dalam jenis usaha ini juga tidak sedikit. Oleh karena itu kita harus memiliki strategi bisnis yang handal untuk menjalankan usaha ini. Strategi yang dimaksud bisa berupa penentuan harga dibanding pesaing,kualitas barang, segmentasi pasar, sistim pemasaran dan lain-lain.